Manfaatkan Waktumu untuk Berbuat Baik

//Manfaatkan Waktumu untuk Berbuat Baik

Waktu adalah yang paling penting dalam mempengaruhi proses kehidupan manusia, manusia menempatkan waktu sebagai hal yang sangat berharga keadaaan tersebut dikarenakan karena yang sudah berlalu tidak dapat terulang lagi. Mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknyakan mempengaruhi kehidupan baik, tingkah laku dan sikap dari setiap individu.

Agama hindu meyakini pancasradha yang didalamnya menyangkut tentang karmaphala yaitu hasil dari perbuatan, dimana segala sesuatu yang kita lakukan sekarang maka itu yang kita peroleh pada kehidupan selanjutnya.

Ada baiknya waktuy yang sangat sedikit kita pergunakan dengan menamkan karma yang baik dengan melakukan kebaikan dan kesadaran tersebut kita tidak menyia-nyiakan waktu. Karena tujuan. Dengan terlaksananya hal itu maka sesuai dengan tujuan akhir dari pancasradha adalah mencapai kehidupan yang abadi yang dinamakan dengan Moksa.

Maka dari itu pergunakanlah waktumu sebaik mungkin untuk berbuat dharma karena dalam Sarasamuccaya dijelaskan sebagai berikut:

“avadhyam divasam kuryad dharmatah kamator ‘thatah.
gate hi divase tasminstadunam tasya jivitam”. (SARASAMUCCAYA Sloka 269)
Artinya
“Jangan biarkan waktu itu berlalu tanpa guna, berilah kesempatan yang benar-benar mendatangkan faedah waktu itu, barangkali dapt gunanya waktu itu digunakan untuk menyelesaikan perbuatan dalam bidang dharma, artha dan kama: sebab tak urung berakhirnya hidup ini pada suatu waktu; oleh karenanya pergunakanlah baik-baiklah waktu hidup itu, jangan hendaknya membuang-buang atau menuna-nunda waktu”.

 

Sumber
Google Images
Youtube



Semoga dapat bermanfaat untuk semeton. Mohon dikoreksi bersama jika ada tulisan/makna yang kurang tepat. Suksma…

2018-02-27T06:13:37+00:00