wejangan krisna kepada arjuna 2018-01-29T14:38:53+00:00

Project Description

MAHABARATA BAGAVAD GITA
(wejangan krisna kepada arjuna)

Salah satu bagian dari kitab suci Veda yang paling banyak dibaca dan dimiliki baik oleh umat Hindu maupun para pengemar filsafat adalah Bhagavad Gita. Pesan universal Bhagavad Gita dapat dibaca oleh setiap orang tanpa pengkotak-kotakan agama, suku atau golongan dan Bhagavad Gita sendiri tersusun atas 18 bab, menguraikan 5 hal utama, yaitu Isvara (Tuhan), Jivatma (Atman/roh), Kala (Waktu), Karma (hukum sebab-akibat) dan Prakriti (Alam material).
Ringkasan bab 1 dan bab 2 yang disampaikan adalah sebagai berikut:

Bab-1 Meninjau tentara-tentara di medan perang Kuruksetra

Tentara-tentara kedua belah pihak siap siaga untuk bertempur. Arjuna, seorang keshatria yang perkasa, melihat sanak keluarga, guru-guru dan kawan-kawannya dalam tentara-tentara kedua belah pihak yang siap untuk bertempur dan mengorbankan nyawanya. Arjuna tergugah kenestapaan dan rasa kasih sayang, sehingga kekuatannya menjadi lemah, pikirannya bingung, dan dia tidak dapat bertabah hati untuk bertempur.

Bab-2 Ringkasan isi Bhagavad Gita

Arjuna menyerahkan diri sebagai murid kepada Sri Krishna, kemudian Krishna memulai pelajaran-Nya kepada Arjuna dengan menjelaskan perbedaan pokok antara badan jasmani yang bersifat sementara dan sang roh yang bersifat kekal. Sri Krishna menjelaskan proses perpindahan sang roh, sifat pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tanpa mementingkan diri sendiri dan ciri-ciri orang yang sudah insyaf akan dirinya.

Baca juga artikel di web ini
www.jurusapuh.com/blog