Ritual Mistik dalam Tantra




Ritual Mistik dalam Tantra

Saya lahir dan dibesarkan di bagian India Utara yang telah lama menjadi kubu praktik tantra tempat kelahiran saya Amargarh terletang pada segitiga yang dibentuk oleh tiga kota paling suci di India, yaitu: Waranasi, Allahabad, dan Ayodhya. Waranasi kota terang mewujudkan tradisi spiritual India kuno termasuk semua bentuk tantra. Tantra Hindu, Budha, dan Jain, juga Tantra tangan kiri dan Tantra tangan kanan, tantra-tantra terlarang dan praktik tantra yang bersifat murni yoga.

Selanjutnya Allahabad adalah kota dewa mengalami kongregasi besar orang-orang kudus, yogi, dan tantra dari setiap tradisi setiap bulan Januari dan Februari dan sebuah kongregasi yang lebih besar setiap tahun selama Kumbhamela.

Ayodhya kota lama yang tak terkalahkan adalah yang paling misterius, karena ribuan orang kudus dan yogi kebanyakan berlatih tantra tangan kanan tersembunyi di balik dinding ratusan biara dan ashram. Ada sebuah biara yang berjarak lebih dari satu mil dari rumah masa kecilku yang merupakan magnet bagi para sadhus, pencari pemula. Dah alhi waris istana di dekatnya memiliki lingkaran tantra dan astrolog tersendiri. Ayah saya adalah salah satunya.

Tubuh di tanah ini saya melihat pandit-pandit memperdebatkan pandangan mereka. Astrolog membuat ramalan mereka dan tantra melakukan ritual magis mereka. Saya melihat ayah saya menghabiskan berjam-jam setiap hari membaca tulisan suci, bermeditasi, dan mengucapkan mantra melalui upacara kunda ilahi. Melalui ritual dan persembahan api membuat saya mengerti bahwa latihan tantra bisa membantu saya menemukan yang terbaik dalam diri saya dan di dunia sekitar saya.

Pencarian spiritual saya sendiri dimulai dengan cara yang sangat sederhana. Saya takut dengan hantu yang saya yakini hidup dalam setan debu, seperti kebiasaan dalam budaya saya. Terinspirasi oleh ibu saya, saya mulai bermeditasi dengan Hanuman dengan membacakan 40 bait yang dipersembahkan kepadanya untuk melindungi diri saya dari hantu-hantu ini. Tapi baru ketika saya mendengar sebuah cerita menakjubkan bahwa saya sangat tertarik pada spiritualitas dan mengerti bahwa latihan tantra dapat membantu saya menemukan yang terbaik dari diri saya dan di dunia sekitar saya.

Ritual Tantra

Raja Amargarh menyukai nomor 24. Dia memiliki 24 kuda, 24 pegulat, dan 24 pandit. Salah satu pandit adalah tantra tangan kiri yang berhasil menyembah ketuhanan dengan alcohol dan daging. Pada masa itu, politik istana didominasi oleh tantra tangan kanan, yang mengutuk penggunaan artikelhal terlarang dalam ritual. Di bawah tekanan dari mereka, raja menuntut agar tantra tangan kiri memperjelas apakah dia menggunakan sesuatu yang “tidak murni” dalam ritualnya atau tidak. Alih-alih menjawab secara langsung, praktisi antara tantra berkata, “Saya tidak menikmati minuman keras. Saya menyembah Bunda Ilahi dengan cara yang ditentukan dalam tulisan suci”.

Pernyataan ini mengganggu tantra tangan kanan bahkan lebih. Mereka bersekongkol dengan raja untuk menyerang kuil pada tengah malam, saat tantra tangan kiri melakukan ritualnya. Mereka menggedor pintu saat tantra berada di tengah puja chakra, sebuah praktik yang dilarang bagi para inisiat (orang yang telah diinisiasi). Karena tidak tahu harus berbuat apalagi, tantra itu mengganggu praktiknya dan, sebelum membuka pintu, berdoa “Ya ibu Ilahi, lakukan apapun yang Anda inginkan”. Orang banyak menyerbu masuk, hanya untuk menemukan piala yang berisi susu dan buka anggur.

Bagiku segala sesuatu tentang kejadian ini-sebuh ritual yang sangat manjur dan sacral dilarang oleh non-inisiat, anggur berubah menjadi susu,  dan serangkaian bencana yang terjadi akibat terganggunya latihan tantra-sangat menarik dan membingungkan. Ketika saya bertanya kepada ayah saya apa itu tantra dan siapa tantra ini, dia hanya berkata, “Tantra adalah cara untuk menemukan potensi tak terbatas dari tubuh, kekuatan pikiran, dan keindahan jiwamu. Tantrik adalah anak-anak yang diberkati dari Bunda Ilahi”. Meski saya terlalu muda untuk memahami arti dari jawaban ini, kejadian di kuil istana sangat menarik sehingga membuat saya semakin dalam ke dunia tantra.

Tantra Suci

Saya mulai aktif mencari tantra yang mempraktikkan teknik khusus dan memiliki kekuatan unik. Keajaiban memegang daya tarik tersendiri, jadi saya sangat senang saat bertemu tantra dengan mangkuk logam yang menakjubkan. Saat pencurian terjadi dia akan memanggil mangkuknya. Mangkuk itu akan hidup kembali, naik ke udara, melayang ke tempat benda-benda curian itu disembunyikan, dan melayang di atas tempat itu sampai benda-benda terpapar dan pemulihannya diketahui. Saya bertemu tantra lain yang menyembuhkan gigitan kobra. Namun tantra lain akan menarik mandala yang dikenal sebagai chakra vyuha, menunjukkannya kepada seorang wanita yang sedang melahirkan, dan dalam beberapa menit bayinya akan dikirm. Saya bertemu dengan seorang sadhu yang mengkhususkan diri dalam penggunaan herbal secara tantra. Dia akan meminta energy sekam berduri, misalnya, dan memberikannya pada klien yang rumahnya dipenuhi kobra. Begitu klien menyimpan ramuan di rumahnya, kobra akan meluncur tanpa cedera. Seorang sufi fakir mengkhususkan diri dalam ilmu jantar (yantra/mandala). Dia menyembuhkan mimpi buruk, fobia, dan ketidaksuburan dengan mengikat jantar ke lengan pasien.



Pengalaman dengan ini dan tantra lainnya menyakinkan saya bahwa tantra sama pentingnya, bermanfaat, dan bermanfaat seperti ilmu pengetahuan lainnya yang diketahui menusia. Tapi ketika saya pergi ke Allahabad dan mendaftar di universitas, saya menyaksikan kejadian yang membuat saya bertanya-tanya apakah tantra hanyalah kombinasi tipu daya dan takhayul.

Salah satu dosen saya di Universitas Allahabad sangat terlibat dalam studi dan praktik tantra. Dia tahu hamper semua tantra utama India Utara, dan kebanyakkan dari mereka menghormatinya dan mencari bimbingannya. Ketika dia sakit, dia menghubungkannya penyakitnya dengan latihan tantra lanjutan yang baru saja dia lakukan. Mencari obat, dia mengunjungi tantra local, Dr. Kapoor, yang memberinya obat ajaib. Setiap kali dia minum obat, dia merasa jauh lebih baik untuk waktu yang singkat. Begitu efeknya hilang, gejalanya kembali jadi professor yang berkunjung ke Dr. Kapoor, yang dianggapnya sebagai penyelamat dan pembimbingnya. Tiga tahun berlalu. Istri sang professor menjadi khawatir karena gejalanya memburuk. Dia minta saya untuk mencari tahu apakah Dr. Kapoor benar-benar seorang dokter dan seorang tantra.

Pada waktunya, saya menemukan bahwa dia memiliki gelar medis, namun orang-orang lebih tertarik padanya kerena kekuatannya yang tantra daripada pengetahuan kedokterannya. Dia tidak bertanggungjawab atas jasanya itu, tetapi orang diharuskan memberinya satu dosis paan (persiapan khusus daun sirih, kacang pinang, dan tembakau), sebungkus rokok, dan sejumlah kecil uang. Dr. Kapoor mendapat obat untuk segala hal mulai dari penyakit fisik hingga penyakit psikosomatik hingga masalah yang mungkin berakar pada alam spiritual dan karma sebelumnya.

Saya berkunjung ke Dr. Kapoor dan menemukan ruang resepsionis di lantai dasar memiliki atmosfir mistisisme yang begitu kuat sehingga pengunjung secara spontan akan mengalami kesurupan. Ruang konsultasi Dr. Kapoor ada di lantai dua. Tangan itu hanya diterangi oleh lampu minyak mungil, yang menerangi tiga tengkorak di altar kecil di tangga pesawat. Tangga itu sendiri gelap, bahkan di siang hari. Ruang konsultasi penuh dengan asap mur.

Kapoor duduk di altar yang rumit. Di kedua sisinya ada altar yang lebih kecil, masing-masing dengan nyala api dan gambar Dewi Kali. Sekelompok pengikut dan siswa duduk di hadapannya dalam cahaya remang-remang dua seremonial api ini. Sang dokter menyapa setiap pendatang baru dengan nama dan mengumumkan masalah yang membawa orang tersebut kepadanya. Ketia dia membuat pengumuman ini, para hadirin bersorak, “Jai ho! Jai ho! “(Salam! Salam). Pada saat saya pergi, saya yakin akan hal itu.

Saya menyelidiki lebih lanjut dan menemukan bahwa banyak “klie” yang berkumpul di ruang tamu di lantai dasar adalah agen Dr. Kapoor. Tugas mereka adalah dengan diam-diam mengumpulkan informasi tentang kehidupan pribadi klien dan menyebarkannya kepada Dr. Kapoor sebelum klien naik ke lantai atas. Selanjutnya, asap dupa mengandung zat psikedelik, dan orang-orang yang duduk di kakinya adalah petugas pengadilan kecanduan narkoba yang tugasnya meningkatkan atmosfer yang memabukkan. Setia obat yang dia berikan mengandung opium, karena itulah professor saya merasa lebih baik setelah mengambilnya dan mengapa efeknya cepat sekali. Tak lama setelah professor saya berhenti berkonsultasi dengannya – dan setelah berpuluh-puluh tahun berhasil mempraktikkan “penyembuhan tantra” Dr. Kapoor ditangkap karena menangani narkoba.

Kejadian ini memaksa saya untuk memeriksa keabsahan pemahaman dan pengalaman pribadi saya tentang tantra. Sekarang, sebagai pengganti penerimaan yang tidak diragukan lagi, saya ingin tahu yang sebenarnya tentang tantra. Apakah praktik tantra begitu kuat, kuat, dan memuaskan seperti yang diyakini? Apakah praktisi tantra benar-benar bisa melakukan keajaiban? Apakah konsumsi daging, alkohol, narkoba, dan masuknya jenis kelamin merupakan praktik tantra?

Di tepi sungai Gangga yang suci, saya bertemu dengan tantra yang popularitasnya jauh melampaui Dr. Kapoor. Semua orang tahu tantra ini kanibal. Dia tinggal di dekat kremasi, dan murid-murid dan pengikutnya memberinya daging manusia yang dipanggang di atas api unggun pemakaman. Dia selalu mabuk. Orang-orang mengkritik cara hidupnya dan belum mengagumi kekuatan spiritualnya. Baik berkat dan kutukannya diyakini tidak mungkin salah. Saya mengunjunginya selama beberapa bulan, mempertaruhkan hidup saya dengan bersikap dengan cara yang akan membuatnya kesal dan menarik ketukannya. Saya menyimpulkan bahwa dia psikotik.

Ini dan banyak pengalaman serupa membuat saya sadar bahwa narkoba, penipuan, kecurangan, dan eksploitasi seksual merupakan bagian besar dari apa yang disebut tantra. Sementara saya tidak lagi memilih tingkat antusiasme yang sama untuk belajar dan berlatih tantra seperti sebelumnya, meskipun saya juga tidak percaya kalau semua teks bisa salah atau semua guru tantra palsu.

Pandit Rajmani Tigunait
Google Images
Youtube



Semoga dapat bermanfaat untuk semeton. Mohon dikoreksi bersama jika ada tulisan/makna yang kurang tepat. Suksma…

2018-06-23T01:42:57+00:00