Spiritual Yang Utuh


Spiritual Yang Utuh



Praktek spiritual Dharma tidak selalu hanya sibuk dgn upacara saja, tidak hanya sibuk menguasai hal gaib saja, tidak hanya sibuk memperdalam ilmu kewisesan saja. Namun praktek spiritual Dharma juga memuat praktek moral yg baik. Sadana Spiritual memang penting tapi tanpa memiliki moral yg baik hal itu kurang lengkap.



Meditasi, Sembahyang, dan melakukan upacara memang baik adanya merupakan kewajiban Dharma. Namun jangan lupakan Sadana Sila yaitu praktek Dharma yg membuat kita memiliki moral yg baik. Tanpa sila meditasi hampa dan kurang mendalam. Seberapa khusuk pencapaian meditasi atau sembahyang belum mampu membawa kesadaran tanpa melakukan sila yg baik. Meditasi yg sesungguhnya ada dalam praktek sila. Bagaimana kita bisa selalu bertingkah laku yg bermoral dan fokus dalam belas kasih dalam kehidupan adalah meditasi di kehidupan ini.

Meditasi, sembahyang atau upacara dilengkapi dgn Sadana Sila bagaikan rumah yg lengkap pondasi kuat dan bangunannya indah. Tanpa sila meditasi bagaikan bangunan tidak berpondasi sehingga mudah roboh. Begitu juga sebaliknya Sila tanpa Meditasi maka pondasi tanpa bangunan. Melaksanakan keduanya dgn utuh maka astungkara mencapai kesadaran Atma yg sempurna. Rahayu.

Tatwa Hindu Darma
Google Images
Youtube



Semoga dapat bermanfaat untuk semeton. Mohon dikoreksi bersama jika ada tulisan/makna yang kurang tepat. Suksma…

2018-07-27T13:56:06+00:00