ga('require', 'GTM-KFB5FMD'); Sugihan Bali - Juru Sapuh

Sugihan Bali

//Sugihan Bali

Sugihan Bali

Sugihan Bali disebutkan berasal dari kata “wali” yang artinya “bagian dalam”. Secara harfiah, artinya “pembersihan bagian dalam diri manusia” yg artinya pembersihan dari dalam diri sendiri.

  • Biasanya pada hari tersebut masyarakat melakukan yadnya “penglukatan / melukat” atau pembersihan diri dari segala bentuk kekotoran diri maupun bathin.
  • Selain pengelukatan tersebut, juga dapat dilaksanakan dengan bakti yoga yang bertujuan untuk memberikan ketenangan diri.

Dari kutipan Sugihan Jawa dan Sugihan Bali artikel Mike Note’s ~ Tulisan dari catatan kecil bagi masyarakat hindu Bali.

Bagi masyarakat hindu Bali, hari ini merupakan awal dari rangkaian perayaan haru raya galungan dan kuningan, yaitu Rahinan Sugihan. Rahinan Sugihan ini terdiri dari 2 hari, yaitu Sugihan Jawa dan Sugihan Bali.

Ada beberapa penafsiran yang salah mengenai 2 rahinan sugihan ini, salah satu yang paling umum ialah, Sugihan Jawa di laksanakan oleh masyarakat hindu keturunan jawa dan Sugihan Bali dilaksanakan oleh masyarakat bali asli (jujur, saya sendiri sempat mempercayai ini dulu :p )

Makna sebenarnya dari Sugihan ini sebenarnya ialah “pembersihan atau penyucian”. Lalu bagaimana dengan Sugihan Jawa dan Sugihan Bali?

Kata “jawa” dari sugihan ini berasal dari “jaba” yang artinya “bagian luar”. Nah, jika digabungkan dengan arti Sugihan Jawa secara harfiah adalah “pembersihan/penyucian bagian luar”. Maksudnya disini (jika dikaitkan dengan rangkaian Hari Raya Galungan) ialah pada hari Sugihan Jawa ini masyarakat hindu bali mengadakan upacara penyucian terhadap “bhuana agung” , yaitu alam sekitarnya. Pada sugihan jawa ini masyarakat tidak saja melakukan pembersihan secara sekala saja (membersihkan tempat suci dan segala peralatan) tapi juga secara niskala (melakukan upacara penyucian)

Kemudian sugihan bali yg berasal dari kata “wali” yang artinya “bagian dalam”. Secara harfiah, artinya “pembersihan bagian dalam” yg artinya pembersihan dr dalam diri sendiri. Biasanya pada hari tersebut masyarakat melakukan ritual “penglukatan” atau pembersihan diri dari segala yg bersifat kotor. Selain penglukatan, juga dilaksanakan bakti yoga yang tujuan nya memberikan ketenangan diri.

Dijelaskan pula, perayaannya sebagaimana disebutkan dalam kalender Bali, Sugihan Bali ini dilaksanakan sehari setelah Sugihan Jawa yaitu :

  • sebelum kita mempersiapkan hari raya galungan dalam rangka menyambut kemenangan dharma melawan adharma
  • sehingga manusia hendaknya memohon kesucian, pembersihan lahir batin kehadapan semua Bhatara untuk menghaturkan banten pengeresikan serta runtutannya di merajan/paibon.

Demikianlah disebutkan beberapa hal tentang perayaan sugihan bali ini sebagai runtutan dalam menyambut hari raya galungan dan kuningan.

BACA JUGA:
*TUMPEK WARIGA
*SUGIAN JAWA
*SUGIAN BALI
*GALUNGAN
*KUNINGAN
*PEGAT WAKAN
*SELENGKAPNYA

Sumber:
Sejarah Hari Raya Hindu
Armeq
Google Images



Semoga dapat bermanfaat untuk semeton. Mohon dikoreksi bersama jika ada tulisan/makna yang kurang tepat. Suksma…
2017-12-13T08:33:10+00:00